Riska, Riska (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1700.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran online merupakan proses pembelajaran yang berbasiskan penggunaan sarana dan materi digital dimana didalamnya terdapat interaksi online antara pendidik dan peserta didik. Dan salah satu solusi yang efektif dalam memecahkan masalah pendidikan di tengah covid-19 dimana ruang gerak seseorang di batasi. Motivasi belajar adalah daya penggerak yang dimiliki peserta didik baik dari dalam maupun dari luar untuk melakukan kegiatan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian korelasi dengan metode kuantitatif, data dalam penelitian diperoleh dari seluruh populasi peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Parepare yang terdiri dari 91 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sebanyak 48 peserta didik yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan bantuaan program SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Parepare di masa pandemi covid-19. Hal ini dibuktikan dari besarnya thitung = 4.702 dan ttabel = 2.021 sehingga hasilnya rhitung > rtabel yang berarti Ha diterima H0 ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik masa pandemi covig-19 pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Online, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:29
Last Modified: 26 Jul 2024 01:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6297

Actions (login required)

View Item View Item