Magfiratika, Magfiratika (2024) Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Melalui Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS di SMPN 3 Suppa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan sosial peserta didik perlu diupayakan oleh seorang guru, mengingat keterampilan sosial merupakan salah satu kompetensi penting yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dapat mengembangkan karakter secara baik dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru IPS dalam mengembangkan karakter melalui keterampilan sosial peserta didik pada pembelajaran IPS di SMPN 3 Suppa. (2) Mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengembangan karakter melalui keterampilan sosisal yang terbentuk pada peseta didik di SMPN 3 Suppa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi. Penganalisisan data yang dilakukan adalah analisis kualitatif antara lain, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan vertifikasi. Berdasarkan analisis data menghasilkan bahwa (1) Peran guru IPS dalam mengembangkan karakter peserta didik pada pembelajaran IPS yaitu guru sebagai pendidik dan guru sebagai motivator. Guru sebagai pendidik diwujudkan dengan mengarahkan peserta didik untuk mandiri, bertangung jawab, dan bekerja keras dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Guru sebagai motivator, memotivasi peserta didik untuk jujur pada saat ujian , mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, disiplin dalam mentaati peraturan yang ada di sekolah. (2) Strategi mengembangan karakter melalui keterampilan sosial yang terbentuk pada peserta didik yakni perilaku interpersonal dan keterampilan komunikasi. Perilaku interpersonal dilakukan dengan menerapkan karakter bertangung jawab dan jujur. Keterampilan komunikasi dengan karaker bekerja keras, disiplin, dan mandiri, peserta didik dibiasakan untuk bertanya dan menyampaikan pendapat, serta dilatih untuk dapat berbicara di depan umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru IPS, Karakter, Keterampilan Sosial, Pembelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 00:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 00:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6293 |
Actions (login required)
View Item |