Sarlina, Sarlina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Konvensional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Batulappa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.84206.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 2 Batulappa menunjukan bahwa nilai peserta didik masih rendah, hal tersebut terjadi karena pendidik masih menggunakan metode ceramah pada saat mengajar, sehingga peserta didik cenderung bosan dan tidak memperhatikan pendidik pada saat belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapakan model pembelajaran yang mampu meransang peserta didik untuk belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan Konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Batulappa? (2) Apakah model pembelajaran konvensional dapat meningkatkatkan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Batulappa? (3) Apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran konvensional? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Batulappa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperiment. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran TGT dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Sebelum model pembelajaran diterapkan peserta didik dibagikan soal pretest kemudian diberikan soal posttest setelah model pembelajaran diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan hasi belajar peserta didik dimana nilai rata-rata pretest peseta didik adalah 36.19 dan nilai rata-rata posttest peserta didik adalah 83.81. (2) Penerapan model pembelajaran konvensional dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik dimana nilai rata-rata pretest peserta didik adalah 37.20 dan nilai rata-rata posttest peserta didik adalah 75.60. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus independent samples test diperoleh nilai F = 0.532 dan nilai sig. 0.470 > 0.05 berarti varians populasi kedua sampel homogen, kemudian pada baris equal variances assumed diperoleh nilai t = 2.353 dengan df = 44 serta nilai sig. (2-tailed) adalah 0.023. Hasil olah data tersebut membuktikan bahwa nilai sig < 0.05, maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia antara model pembelajaran TGT dengan konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Batulappa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Konvensional, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:32
Last Modified: 25 Jul 2024 08:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item