Lindah, Lindah (2022) Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Dengan seiringnya perkembangan teknologi, pembelajaran IPA pada saat ini khususnya pada pembelajaran praktikum tidak hanya dilakukan di dalam ruangan dan tidak melibatkan lagi bahan-bahan kimia yang mudah terbakar. Laboratorium virtual merupakan wahana laboratorium yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik. Laboratorium virtual ini diperidiksi mampu mengatasi masalah pembelajaran IPA khususnya dalam pembelajaran praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Barru setelah melakukan pembelajaran menggunakan laboratorium virtual.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan subjek kelas VIII.1 Smp Negeri 24 Barru yang berjumlah 25 peserta didik.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan laboratorium virtual yang diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia khususnya pada materi eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 24 Barru yang dilakukan selama dua siklus dapat dikatakan meningkat. Hal ini dilihat dari hasil persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik dari pre- test 68% hal ini menunjukkan bahwa kemampuan belajar peserta didik sebelum diberikan pembelajaran menggunakan laboratorium virtual berkategori kurang, dan hasil persentase rata-rata ketuntasan pada post-test dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I nilai persentase ketuntasan adalah 72% berkategori baik tetapi belum mencapi nilai maksimum. Dan pada siklus II hasil persentase nilai ketuntasan peserta didik adalah 88% berkategorikan baik sekali, dan itu sudah mencapai nilai maksimum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Virtual, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:31
Last Modified: 25 Jul 2024 08:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6287

Actions (login required)

View Item View Item