Sudirman, Mutiara Khaerunnisa (2023) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Gaya belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu untuk menyerap, mengatur, dan mengolah informasi yang diterima agar lebih mudah dipahami. Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, ada tiga macam gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang menyebabkan peserta didik semangat dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Motivasi belajar terbagi menjadi dua jenis yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang (intrinsik) dan motivasi yang berasaal dari luar diri seseorang (ekstrinsik). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai bagaimana gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare, seberapa tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare dan menganalisis apakah gaya belajar peserta didik berpengaruh secara signifikan terhdap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian kuantitaif asosiatif. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu 163 peserta didik di UPTD SMP Negeri 10 Parepare dengan sampel 62 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik solvin. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi, uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar dominan yang dimiliki oleh peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare adalah visual dengan presentase 84,7%, tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare adalah 80%, dan terdapat pengaruh signifikan antara gaya belajar terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMP Negeri 10 Parepare yaitu sebesar 39,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, Motivasi Belajar, Pengaruh, Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:30
Last Modified: 25 Jul 2024 08:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item