Rusman, Norvadilla (2023) Pembelajaran Kalor dan Perpindahannya Berbasis Literasi Sains dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuan atau akademis ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Salah satu fungsi dan tujuan Pembelajaran sains adalah siswa dapat memperoleh pengalaman dalam penerapan metode ilmiah melalui percobaan dan eksperimen sehingga terlatih untuk bersikap ilmiah. Pembelajaran yang memadukan proses sains dan pemahaman produk sains dalam bentuk pengalaman langsung diantaranya yaitu pembelajaran berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kalor dan perpindahannya berbasis literasi sains, untuk mengetahui sikap ilmiah siswa kelas VII MTs Pondok Pesantrean Al Urwatul Wutsqaa Benteng serta untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kalor dan perpindahnnya berbasis literasi sains dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Benteng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode pengamatan dengan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh skor X ̅ > 3,4 dengan perolehan skor yaitu dari pertemuan pertama 3,9 dengan kategori baik, pertemuan kedua dan ketiga 4,3 dan 4,8 dengan kategori sangat baik. (2) Sikap ilmiah siswa meningkat di setiap pertemuan untuk setiap aspek sikap ilmiah. Aspek sikap ilmiah ingin tahu siswa meningkat dari pertemuan pertama dengan rata-rata 2,5 kemudian pertemuan kedua 3,7 dan pertemuan ketiga 4,3 atau rata-rata X ̅ untuk tiga kali pertemuan adalah 3,5 dengan kategori baik, Aspek sikap ilmiah respek terhadap data juga meningkat dari pertemuan pertama rata-rata diperoleh skor 2,7 selanjutnya pertemuan kedua 4,0 dan pertemuan ketiga dengan skor 5,0 atau rata-rata X ̅ untuk tiga kali pertemuan adalah 3,9 dengan kategori baik, aspek sikap ilmiah berpikiran terbuka dan kerjasama siswa meningkat dari rata-rata perolehan skor 2,4 pada pertemuan pertama, 3,6 pada pertemuan kedua dan 4,4 pada pertemuan ketiga atau rata-rata X ̅ untuk tiga kali pertemuan adalah 3,5 dengan kategori baik dan aspek sikap ilmiah berpikir kritis diperoleh rata-rata skor pertemuan pertama 2,3, kemudian pertemuan kedua 4,0 dan pertemuan ketiga diperoleh rata-rata skor 4,3 yang artinya meningkat di setiap pertemuan atau rata-rata X ̅ untuk tiga kali pertemuan adalah 3,6 dengan kategori baik. Data tersebut menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa dengan pembelajaran berbasis literasi sains dapat terlihat sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Ilmiah, Pembelajaran Berbasis Literasi Sains, Kalor dan Perpindahnnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:28
Last Modified: 25 Jul 2024 08:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item