Rasmini, Rasmini (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Batulappa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berfikir kritis menjadi salah satu alasan mengapa peserta didik kesulitan dalam memberikan penjelasan terkait dengan wawasan mereka tentang makhluk hidup dalam pembelajaran IPA. Banyaknya peserta didik yang tidak mampu menjelaskan secara kritis tentang mahkluk hidup menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir Kritis pada pembelajaran IPA siswa SMPN 2 Batulappa Kabupaten Pinrang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu pre-experimental dan menggunakan satu kelompok pre-post tes dengan jumlah sampel yaitu kelas VIII 1 sebanyak 20 orang, Instrument yang digunakan ialah tes dengan analisis data yaitu T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1; penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir Kritis siswa SMPN 2 Batulappa Kabupaten Pinrang yaitu dengan pendekatan perumusan pertanyaan, permasalahan, pengujian data serta interpretasi materi ajar yang dilakukan selama 3 kali pertemuan dengan materi ajar mengklasifikasikan karakteristik mahkluk hidup, cara bertahan hidup serta menjelaskan morfologi dan anatomi merujuk pada rencana pembelajaran. 2; Tingkat kemampuan berfikir Kritis siswa sebelum penerapan model pembelajaran berbasis Problem Based Learning di SMPN 2 Batulappa Kabupaten Pinrang menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa sebelum di terapkannya model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 64.75 pada kategori kemampuan berfikir kritis cukup, dan 3; hasil kemampuan berfikir kritis setelah penerapan yaitu 80,75 yaitu pada kategori kiritis. Sedangkan hasil penunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa meningkat setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, problem based learning, pelajaran IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:08
Last Modified: 25 Jul 2024 08:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6277

Actions (login required)

View Item View Item