Sahril, Nurul Elmi (2021) Strategi PT. An-Nur Maarif (Tour dan Travel) Dalam Rekrutmen Calon Jamaah Haji dan Umrah di Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.3300.056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Strategi ialah penentuan tujuan, untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis perusahaan dibandingkan para pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Haji dan Umrah merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim, hanya saja haji dan umrah memiliki perbedaan waktu pelaksanaan dan syarat-syaratnya. Biro perjalanan wisata PT. An-Nur Maarif Travel dan Tour merupakan salah satu biro perjalanan haji dan umrah khusus memberikan pelayanan terbaik dalam melaksanakan perjalanan ibadah haji dan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi merekrut calon jamaah, respon, dan tantangan maupun peluang dalam merekrut calon jamaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata atau tindakan baik secara lisan maupun tertulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Strategi dalam Merekrut Jamaah di PT. An-Nur Maarif Tour dan Travel Haji dan Umrahialah dengan cara teknik pemasaran dengan menyebar brosur, spanduk-spanduk disetiap titik daerah yang sering dilewati oleh banyak orang, memperkuat konektor di setiap daerah-daerah di setiap kecamatan, memperkuat informasi-informasi untuk menjalin kerjasama sponsor, melakukan penyebaran informasi ke media online, serta melakukan strategi itu dengan secara terus menerus. 2) Respon jamaah di PT. An-Nur Maarif Tour dan Travel setelah melaksanakan haji atau umrah berdasarkan hasil penelitian bahwa sejauh ini menghasilkan respon yang baik dari para jamaah haji dan umrah, dikarenakan pada PT. An-Nur sangat memperhatikan kepuasan pelanggan. 3) Tantangan yang dihadapi di PT. An-Nur Maarif Tour dan Travel Haji dan Umrah dalam merekrut jamaah adalah pandemi COVID 19 dan adanya kesamaan produk dengan Travel haji dan umrah lain. Sedangkan peluang yang dihadapi yaitu dengan membandingkan harga biro perjalanan lain dan kepastian pemberangkatan kepada jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen, Strategi, Tour dan travel.
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:08
Last Modified: 25 Jul 2024 08:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6276

Actions (login required)

View Item View Item