Aspa, Marwah (2023) Persepsi mahasiswa FUAD terhadap konten dakwah kata ustadz di youtube religion one di IAIN kota parepare : Studi Deskriptif Kuantitatif. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3100.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Persepsi tentu dipengaruhi dengan berbagai pertimbangan dan masing-masing individu memiliki persepsi yang jarang sekali sama tergantung dalam penangkapan mereka pada apa yang dihadapkan ole mereka. Hal ini tentu terjadi pada mahasiswa FUAD yang melihat konten dakwah yang agak kontraversi dengan apa yang kita pahami saat ini terkadang ada yang menyetujui ada yang tidak. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mencari baagaimana pemahaman mahasiswa FUAD mengenai isi konten dakwah dilema anak muda saat tak sengaja lihat video tiktok seksi yang di sampaikan dalam segmen kata ustadz dan bagaimana persepsi mahasiswa FUAD dengan metode penyampaian dakwah di segmen kata ustadz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan adanya penyebaran kuesioner ke seluruh responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil yang diangkat berupa angka yang memiliki makna atau angka yang diberi makna berupa penjelasan hasil pengolaan data yang dieknal dengan istilah kuantitatif deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pemahaman mahasiswa FUAD mengenai isi konten dakwah dilema anak muda saat tak sengaja lihat video tiktok (seksi) yang disampaikan dalam segmen kata ustadz, dibuktikan dengan perhitungan akumulatif cooding sheet pemahaman dengan skor 1.068 – 1.335. (ii) Seberapa besar ketertarikan responden terkait bagaimana persepsi mahasiswa terkait konten dakwah kata ustadz di youtube religion one. Hal ini dengan perbandingan 49%:51%, ketertarikan Responden terkait narasumber yang menyampaikan metode dakwah di segmen kata ustadz, dengan perbandingan 82%:18%. Narasumber yang menggunakan intonasi tinggi dalam bahasa daerah saat menyampaikan pengalaman hidup dalam dakwah dengan perbandingan 71%:29%, Narasumber yang kasar (tutur kata) ketika hendak membagikan pengalaman hidup 21%:79 % narasumber yang menyurahkan seluruh privasinya saat menghindari segmen kata ustadz, dengan perbandingan 29%:71%. Perbandingan ini memberikan bukti bahwa persepsi mahasiswa FUAD memiliki keragaman sesuia dengan teori S-O-R.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Dakwah, Youtube.
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:25
Last Modified: 25 Jul 2024 06:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item