Wahyuni, Sri (2019) Pengaruh Komunikasi Efektif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madarasah Aliyah Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.1100.169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Ketika dalam proses berkomunikasi pada suatu pembelajaran, seorang guru tidak melakukan komunikasi yang efektif itu bisa saja mempengaruhi hasil belajar peserta didik terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara komunikasi efektif dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 65 orang dengan 181 populasi. Adapun teknik pengambilan sampel adalah random sampling, yaitu teknik penentuan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, melalui program aplikasi SPSS 2.1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunikasi efektif di Maradasah Aliyah Negeri 2 Parepare berada pada kategori tinggi, yaitu 84.7% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket 65 responden. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare berada pada kriterium sangat baik yaitu 84.95 yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar peserta didik. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi efektif dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare yang dibuktikan dengan r_hitung= 0.718 ≥〖 r〗_tabel = 0.244 pada taraf signifikan 5%. (4) Terdapat pengaruh komunikasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare. Hal ini berdasarkan besarnya hubungan antara variabel X dan variabel Y yaitu 51.6% dalam artian bahwa 48.4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Aug 2019 18:42
Last Modified: 11 Aug 2019 18:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item