Afriani, Ayu (2023) Manajemen Kelas dalam Mengefektifkan Pembelajaran Peserta Didik Kelas IV di UPTD SD Negeri 77 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1900.005 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Manajemen kelas adalah bagaimana seorang guru dengan keahliannya menciptakan dan memelihara jika ada suatu gangguan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Jika guru dapat mengatur peserta didik dan sarana pembelajaran serta dapat membuat kelas menjadi suasana yang menyenangkan, maka akan tercapai kondisi belajar yang optimal. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kelas dalam Mengefektifkan Pembelajaran Peserta Didik Kelas IV di UPTD SD Negeri 77 Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Peserta Didik kelas IV di UPTD SD Negeri 77 Parepare dan Untuk menjelaskan bagaimana implementasi manajemen kelas dalam mengefektifkan pembelajaran Peserta Didik kelas IV di UPTD SD Negeri 77 Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian menggunakan data yang memanfaatkan data deskriptif dengan metode pengumpulan data Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. (1)Implementasi manajemen kelas dalam mengefektifkan pembelajaran Peserta Didik kelas IV di UPTD SD Negeri 77 Parepare,. Sesuai dengan hasil yang telah didapatkan bahwa implementasi manajemen kelas di kelas IV UPTD SD Negeri 77 Parepare dari perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, kepemimpinan kelas, dan pengendalian kelas dapat mengefektifkan pembelajaran yang diukur atau dilihat dari indikator efektivitas pembelajaran, yakni mutu pembelajaran, tingkat pengajaran yang tepat, intensif dan waktu. (2) Faktor pendukung keberhasilan manajemen kelas dalam mengefektifkan pembelajaran peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 77 Parepare adalah peserta didik itu sendiri senang terhadap mata pelajaran yang di ajar oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Selain peserta didik guru juga adalah faktor pendorong keberhasilan manajemen kelas. Dan faktor yang ketiga adalah pendukung berupa sarana dan prasarana di setiap kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Efektivitas pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:20
Last Modified: 22 Jul 2024 07:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item