Aidzullah, Aidzullah (2024) Integrasi Sains dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 5 Unggulan Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886208047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Integrasi sains dan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bermaksud bahwa bagaimana mengintegrasikan yaitu memadukan, menghubungkan, menyatukan, membenamkan, memasukkan sains dan teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Bukan dengan tujuan untuk mencampuradukkan ketiganya atau menghilangkan salah satunya. Integrasi ini ditujukan untuk mencapai keselarasan yang konstruktif antara ketiga bidang tersebut. Pembelajaran pendidikan agama Islam harus ditanamkan pembelajaran umum khusunya sains dan teknologi didalamnya, baik itu berupa etika, moral dan nilai-nilai universal atau berupa teks secara formal lahiriyahnya. Pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pembelajaran umum itu saling menyapa dan bekerja sama antara satu ilmu dengan ilmu yang lain sehingga didalam ilmu-ilmu tersebut sudah secara otomatis terjalin integrasi. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pelaksanaan integrasi sains dan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif untuk mendapatkan gambaran secara mendalam tentang deskriptif integrasi sains dan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare sudah mengintegrasikan sains dan teknologi dalam pelaksanaan pembelajarannya, dan dilaksanakan berdasarkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Guru selalu mengupayakan pembelajaran yang menyenangkan dengan beragam metode untuk mematahkan persepsi bahwa Pendidikan Agama Islam hanya bisa dilaksanakan dengan metode ceramah/dakwah dan diskusi. Beberapa metode yang diterapkan oleh guru: student centered learning, games based learning (menggunakan Kahoot, Quizziz, dan WordWall), pembelajaran berkelompok, dan diskusi. (2) Pengintegrasian sains dan teknologi dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare nampak dari penggunaan LCD/Proyektor, PowerPoint, Canva, dan platform (Kahoot, Quizziz, dan WordWall). (3) Dari segi efektivitas integrasi sains dan teknologi tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare sudah efektif dalam menerapkan integrasi sains dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integrasi sains dan teknologi, Pelaksanaan, Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:55
Last Modified: 22 Jul 2024 06:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item