Firman, Haslinda (2023) Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Layanan Pendidikan Di MAN 2 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1900.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem layanan pendidikan yang diterapkan dan peran tenaga kependidikan dalam meningkatkan layanan pendidikan serta kinerja tenaga kependidikan dalam layanan pendidikan di MAN 2 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dimana informan penelitian yaitu kepala sekolah, kepala tata usaha, guru serta siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan matriks. Analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumberdan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sistem layanan pendidikan di MAN 2 Barru telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen meskipun masih sederhana. Bentuk sistem layanan pendidikan yang diterapkan diantaranya layanan persuratan untuk guru (surat dinas, cuti, dan surat keterangan), persuratan untuk peserta didik (surat izin sakit). Layanan selanjutnya pendataan untuk guru (pendataan berkas-berkas pribadi, pengarsipan SK dan ijazah), pendataan untuk peserta didik (pendataan kehadiran siswa). Adapun layanan penyampaian informasi untuk guru berupa (penyampaian mengikuti pelatihan dari masing-masing bidang mata pelajaran), layanan informasi untuk peserta didik (penyampaian mengikuti lomba dan informasi ini disampaikan melalui whatshap). (2) Peran tenaga kependidikan di MAN 2 Barru telah berjalan secara maksimal meskipun terdapat beberapa kendala. Bentuk peran yang diterapkan diantaranya melaksanakan pekerjaan yang operatif untuk kepala tenaga kependidikan (memberikan arahan terkait pembuatan persuratan), untuk staf tenaga kependidikan (membuat persuratan, dan blangko absen guru serta peserta didik). Peran selanjutnya mengaplikasikan dan melakukan tindakan yang tepat untuk kepala tenaga kependidikan (menyiapkan laporan administrasi dan pengarsipan yang akan diberikan kepada staf), untuk staf tenaga kependidikan (mampu mengarsipkan SK guru yang telah diarahkan sebelumnya). Membantu kelancaran perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan untuk kepala tenaga kependidikan seperti (memberikan arahan terkait penginputan dan pengarsipan data yang berupa identitas sekolah, visi misi, data guru dan staf, serta peserta didik), untuk staf tenaga kependidikan (menginput data-data sekolah yang telah diarahkan sebelumnya). (3) Kinerja tenaga kependidikan dalam layanan pendidikan di MAN 2 Barru belum maksimal karena kurangnya sumber daya manusia yang berlatar belakang tenaga kependidikan meskipun sistem layanannya sudah berjalan dengan baik dan telah menggunakan Sistem Informasi Manajemen. Oleh karena itu, untuk menghasilkan kinerja yang baik maka diperlukan strategi yang diterapkan oleh tenaga kependidikan dalam layanan pendidikan diantaranya mengikuti beberapa pelatihan yang terkait dengan sistem layanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Tenaga Kependidikan, Layanan Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:23
Last Modified: 22 Jul 2024 06:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item