Syalsabila, Kiki (2023) Peranan Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMKN 6 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1900.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Manajemen kepala sekolah merupakan agen ganda yang terdiri dari berbagaia komponen. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk melaksankan kebijakan dan pedoman negara untuk memastikan Pendidikan yang terbaik bagi anak-anak sekolah. Tapi kepala sekolah adalah bagian dari komunitas Pendidikan, bukan robot tak berakal. Komunitas ini harus berpartisipasi aktif dalam berbagai debat kebijakan sebelum diputuskan oleh negara. Kepala sekolah juga sebagai wakil Masyarakat, peduli kepada orang tua yang menyekolahkan anaknya dan berusaha memelihara lingkungan Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepala sekolah, gambaran belajar peserta didik, dan dampak manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK NEGERI 6 Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jeis penelitian lapangan, dengan desain deskriptif. Untuk memperoleh data peneliti melakukan wawancara lansung kepada narasumber yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, guru, dan siswa yang ada di SMKN 6 Pinrang. Selain itu peneliti juga menggunakan Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi serta uji keabsahan data dengan tknik trianggulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1. Manajemen kepala sekolah di SMKN 6 Pinrang adalah kepala sekolah sudah sesuai dengan kriteria manajemen kepala sekolah. Kepala sekolah mempunyai peran dan tugas sebagai berikut : educator, manager, administrator, innovator, motovator, dan supervisior. 2. Adapun gambaran presatasi belajar peserta didik yaitu mengarah kepada perubahan terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan (skill) peserta didik. 3. Dampak dari manajemen kepala sekolah pada prestasi belajar peserta didik ini sangat bagus karena beberapa pogram yang dilaksanakan memberikan dampak positif terhadap peserta didik dan juga guru misalnya pada program literasi Al-Qur’an, bimbingan belajar dan evaluasi keberhasilan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Manajemen Kepala Sekolah, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:21
Last Modified: 22 Jul 2024 06:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item