Afny, Desy Nur (2023) Analisis Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Potensi Diri Peserta Didik di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1900.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kinerja guru bimbingan dan konseling merupakan capaian guru bimbingan dan konseling setelah melaksanakan tugas dan fungsinya. Salah satu tugas dan fungsinya di lembaga pendidikan ialah mengembangkan potensi diri peserta didik. Potensi diri merupakan anugerah dalam diri seseorang yang berpeluang untuk dikembangkan agar dapat berfungsi dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman terkait dengan kinerja guru bimbingan dan konseling, manajemen bimbingan dan konseling, serta hal-hal yang mempengaruhi kinerja dalam upaya pengembangan potensi diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis data deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan memanfaatkan dokumentasi sebagai pendukung, dengan berfokus pada kinerja guru bimbingan dan konseling, dan potensi diri, lalu data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebelum resmi menjadi peserta didik, para calon terlebih dahulu diidentifikasi potensi dirinya lalu diseleksi untuk mendapatkan potensi yang berbobot agar dapat dikembangkan dengan baik di MAN Pinrang. 2) Implementasi manajemen bimbingan dan konseling diterapkan dalam mengembangkan potensi diri peserta didik yaitu, perencanaan program kerja yakni asesmen minat dan bakat, pembagian tanggungjawab masing-masing guru bimbingan dan konseling dalam memegang peserta didik asuh, pelaksanaan setiap semester pertama di kelas 10, melakukan evaluasi dengan mengidentifikasi hasil asesmen minat dan bakat disesuaikan dengan nilai rapor untuk meninjau kemauan dan kemampuan peserta didik sudah sejalan. 3) Kinerja guru bimbingan dan konseling di MAN Pinrang telah memperoleh hasil yang optimal didukung oleh pembinaan kepala madrasah, latarbelakang pendidikan, serta sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, manajemen bimbingan dan konseling, potensi diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:13
Last Modified: 22 Jul 2024 06:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6119

Actions (login required)

View Item View Item