Sarni, Sarni (2019) Persepsi Peserta Didik Tentang Instrumen Tes Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 6 Lembang Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
13.1100.049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Instrumen tes merupakan alat yang digunakan oleh pendidik untuk mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik menjadi tolak ukur antara kedua belah pihak baik dari pendidik dari peserta didik sehigga instrumen tes baik lisan maupun tulisan serta mampu menjadi acuan penilaian dalam setiap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Peserta Didik tentang Instrumen Tes pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 6 lembang Kab. Pinrang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Jenis Instrumen Tes yang Dibuat Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Lembang Kab. Pinrang; adalah tes tertulis, yang dalam pelaksanaannya lebih menekankan pada penggunaan kertas dan pulpen sebagai instrumen utamanya, sehingga tes mengerjakan soal atau jawaban ujian pada kertas ujian secara tertulis dengan tulisan tangan. Tes lisan dilakukan dengan tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Tes perbuatan mengacu pada proses penampilan seseorang dalam melakukan suatu unit kerja. Tes Essay adalah tes yang disusun dalam bentuk pertanyaan terstruktur dan peserta didik menyusun, mengorganisasikan sendiri jawaban tiap pertanyaan itu dengan bahasa sendiri (2) Persepsi peserta didik tentang instrumen tes mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Lembang Kab. Pinrang. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan peserta didik kelas VIII menyatakan setiap instrumen tes yang diberikan kepada dirinya serta teman-temanya cukup mudah karena semua tes tersebut materinya telah dipelajari dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 18:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 18:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/611 |
Actions (login required)
View Item |