Mansyuarna, Mansyuarna (2018) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Neregi 5 Lembang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.1100.060.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA: Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu kepada peserta didik. Metode demonstrasi ini ialah memperagakan tentang jalanya suatu proses tertentu yang dilakukan oleh pendidik terlebih dahulu, setelah itu diikuti oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan menerapkan Metode Demonstrasi di kelas VIII SMP Negeri 5 Lembang. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumen. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi, serta teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar PAI peserta didik terus mengalami peningkatan hingga mencapai peningkatan yang signifikan. Pada tahap pra-siklus persentase hasil belajar peserta didik sebesar 71%, pada siklus I meningkat menjadi 78%, dan pada siklus II mengalami peningkatan signifikan menjadi 88%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Lembang Tahun Pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Jul 2019 17:23
Last Modified: 29 Jul 2019 18:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item