Andriani, Risa (2023) Manajemen Pengelolaan Praktek Kerja Lapangan Dan Efektivitasnya Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pangkep. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1900.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Praktek kerja lapangan merupakan implementasi dari konsep pendidikan sistem ganda, peserta didik belajar teori di sekolah dan belajar praktik sebagian di dunia usaha dan dunia industry. Pelaksanaan praktik kerja lapangan, akan memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik, melalui industri dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik yang melakukann kegiatan praktek kerja lapangan, untuk menciptakan rasa tanggung jawab, sikap, disiplin, kemampuan sosial, penerapan etika kerja, komitmen, dan wawasan akan ditanamkan dan maknanya akan diperoleh peserta didik yang pada gilirannya akan membentuk sikap profesional dan memperkuat rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji keabsahan data kepercayaan (credibility/ validitas internal), keteralihan ( transferability/ validalitas eksternal), ketergantungan Dependebility/ realibilitas), dan kepastian (confirbility/ objektivitas). Hasil penelitian manajemen pengelolaan praktek kerja lapangan sudah terbilang baik, dilihat dari proses pelaksanaannya mulai dari menentukan waktu pelaksanaan, melakukan pendekatan dan peninjauan serta melaksanakan pembekalan untuk peserta didik yang akan turun kelapangan, maka dapat dikatakan bahwa pelaksanaannya betul- betul penuh dengan pengelolaan yang baik serta efektivitas praktek kerja lapangan di sebuah sekolah menengah kejuruan dapat meningkatkan kompetensi peserta didik, seperti misalnya setelah peserta didik melaksanakan praktek kerja lapangan di dunia industri maupun instansi maka siswa dapat meningkatkan kompetensinya yang sebelumnya apa yang didapatkan hanya berupa teori dan keterampilan mendasar, maka setelah peserta didik melaksanakan praktek kerja lapangan keterampilan mereka tentunya akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Praktek Kerja Lapangan, Kompetensi, Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:57
Last Modified: 22 Jul 2024 02:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item View Item