Musdalifa, Sitti (2019) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Afektif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.1100.050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kompetensi profesional guru merupakan tuntutan yang harus dimiliki agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar dan mendidik. Segingga ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik akan dengan mudah memahami materi pembelajaran yang diampuhnya. hasil belajar Afektif adalah hasil yang diperoleh setelah melalui proses pembelajaran yang meliputi perubahan sikap positif peserta didik. Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam diharapkan dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan manusia yang bukan hanya cerdas tapi juga manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post Facto dengan pendekatan kuantitatif dan instrument pengumpulan data digunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis deskriptif. Uji persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam berada pada kategori tinggi, yaitu 84,04% ini dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 152 responden. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar afektif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pinrang, yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi r2 sebesar 0,033 dan thitung sebesar 2.246 lebih besar dari ttabel sebesar 1.960 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Jul 2019 17:12
Last Modified: 29 Jul 2019 18:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item