Nurlina, Nurlina (2023) Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Menarik Peminat di UPTD SMP Negeri 13 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1900.017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Strategi adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan sekolah. Kepala sekolah yang baik adalah kepala sekolah yang memiliki strategi dalam memajukan sekolahnya. Tanpa ada strategi maka program kepala sekolah tidak akan berjalan. Karena strategi merupakan langkah awal dan terpenting ketika pemimpin berniat memajukan sekolahnya. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan ditentukan dari bagaimana kepala sekolah menggunakan strategi yang diterapkan, dimana strategi tersebut tidak serta merta diterapkan begitu saja dalam menarik peminat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam menarik peminat, mendeskripsikan implementasi strategi kepala sekolah dalam menarik peminat, serta mendeskripsikan dampak strategi kepala sekolah dalam menarik peminat di UPTD SMP Negeri 13 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji kebsahan data keterpercayaan (credibility/validitas internal), keteralihan (transferability/validalitas eksternal), kebergantungan (dependebility/ realibilitas), dan kepastian (confirbility/ objektivitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah UPTD SMP Negeri 13 Parepare dalam menarik peminat adalah dengan menggunakan strategi meningkatkan kualitas guru dengan cara mengikutkan guru-guru kedalam pelatihan yang menunjang kualitas guru seperti ikut dalam kegiatan webinar, olimpiade, dan lain-lain, promosi dengan mengundang dua Sekolah Dasar (SD) serta melakukan promosi melalui sosial media maupun situs online, pendekatan kepada masyarakat dengan menggunakan teknik door to door dan meningkatkan prestasi peserta didik dengan mengikutkan peserta didik dalam kegiatan lomba baik akademik maupun non akademik. Adapun dampak dari strategi yang diterapkan kepala sekolah yaitu meningkatnya peminat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala sekolah, Menarik Peminat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6085 |
Actions (login required)
View Item |