Handayani, Tutik (2023) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMAN 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru PAI dan tingakat pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Pinrang serta menganalisis apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Pinrang atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dan desain penelitian korelasi bivariat. Populasi dalam penelitian ini sebesar 335 peserta didik dengan sampel 77 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Tingkat kompetensi pedagogik guru PAI di SMAN 2 Pinrang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_1diterima. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru PAI termasuk dalam kategori sedang dengan angka persentase 75,5% dari kriteria yang ditetapkan, (2) Tingkat pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Pinrang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_1 diterima maka termasuk dalam kategori sedang dengan angka persentase 77,1%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Pinrang yang dibuktikan melalui hasil analisis data dan angket dengan nilai Sig. 0,00 < 0,05 maka H_O ditolak dan H_1 diterima. Nilai koefisien sebesar 46,6%, artinya pengaruh kompetensi guru PAI terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Pinrang berada pada kategori sedang. Adapun sisanya 53,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Artinya semakin tinggi kompetensi pedagogik guru PAI, maka semakin tinggi pula tingkat pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran,Guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:39
Last Modified: 22 Jul 2024 02:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6083

Actions (login required)

View Item View Item