Fajar, Malik (2022) Analisis Kepuasan Penggunaan Media Tiktok dikalangan Remaja di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203870133002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Munculnya media baru di Indonesia memberikan dampak bagi perubahan masyarakat. Khususnya remaja, tidak sedikit yang memanfaatkan media baru sebagai ajang untuk mencari kepopuleran dan pengakuan diri. Salah satu bentuk media baru saat ini yaitu aplikasi Tiktok. Aplikasi Tiktok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform video music Tiongkok yang digunakan untuk membuat video kemudian dibagikan kepada pengguna aplikasi Tiktok lainnya. Salah satu dampak perubahan perilaku yang bisa ditimbulkan dari penggunaan aplikasi Tiktok ini adalah kepuasan dari remaja tersebut. Dikarenakan dukungan dari fitur-fitur menarik serta pilihan lagu yang beragam di dalam aplikasi. Kepuasan masing-masing remaja berbeda tergantung pada tingkat intensitas remaja dalam menggunakan aplikasi Tiktok. Semakin tinggi intensitas menggunakan aplikasi tiktok, maka dampak yang ditimbulkan juga akan tinggi begitu pun sebaliknya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui “Bagaimana Intensitas dan Kepuasan Penggunaan Media Tiktok Dikalangan Remaja di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang”. Teori yang digunakan adalahTeori Uses and Gratification yakni teori yang menjelaskan tentang sifat khalayak yang aktif dalam mengkonsumsi media sehingga mereka dapat selektif dalam memilah milah pesan media yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan audiensi.Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Penelitian ini sasarannya pada remaja yang ada di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang sebagai pengguna aplikasi media Tiktok. Peneliti memfokuskan penelitian di wilayah Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang karena banyaknya remaja yang menggunakan aplikasi Tiktok terkhusus di masa Covid-19. Alasan peneliti memilih pengguna Tiktok dikarenakan media Tiktok adalah salah satu platform yang paling digemari oleh remaja masa kini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, aplikasi Tiktok semakin disuguhi berbagai fitur khususnya dalam bentuk audio visual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas dan Kepuasan Penggunaan Aplikasi Tiktok dan Teori Uses and Gratification |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 08:07 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 08:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6076 |
Actions (login required)
View Item |