Rika, Rika (2024) Kreativitas Guru Pai Berbasis Karakter Peserta Didik Dalam Mendesain Dan Memanfaatkan Media Pembelajaran di SDN 3 Unggulan Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Inovasi guru PAI dalam menciptakan dan menerapkan bahan ajar berbasis kepribadian peserta didik dibahas dalam skripsi ini. Karena proses belajar mengajar merupakan kegiatan utama, maka sejauh mana proses belajar mengajar direncanakan dan dilaksanakan secara profesional akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap berhasil tidaknya tujuan pendidikan. Peran guru dalam proses belajar mengajar lebih dari sekedar menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik. Untuk membantu peserta didik belajar lebih efektif dan efisien, guru harus mampu menyediakan dan menggunakan berbagai alat bantu belajar yang sesuai dengan materi pelajaran. Untuk mencapai hasil pendidikan yang memuaskan menuntut guru untuk kreatif dalam gaya mengajarnya dan mengembangkan ide-idenya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan latar SDN 3 Unggulan Parepare. Analisis data didasarkan pada wawancara yang dilakukan terhadap guru PAI yang bertanggung jawab membuat dan menggunakan bahan ajar. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakteristik peserta didik, yang mencakup tingkah laku dan kemampuannya, secara keseluruhan dipengaruhi oleh sifat dan lingkungan sosialnya. Gaya belajar dan kemampuan psikomotorik peserta didik di SDN 3 Parepare menunjukkan heterogenitas atau keberagaman. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gaya belajar dan kepribadian di dalam kelas. 2) Kreativitas guru PAI di SDN 3 Parepare dalam memanfaatkan karakter peserta didik adalah dengan memanfaatkan kemampuan peserta didik yang sudah cakap dan melek akan teknologi dalam mendesain media pembelajaran sehingga penggunaan media pembelajran berbasis teknologi informasi baik audio maupun visual seperti penggunaan LCD untuk menampilkan atau menyampaikan materi pelajaran dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 3). Inovasi penggunaan media pembelajaran yang dilakukan guru PAI di SDN 3 Parepare didasarkan pada kepribadian peserta didik, dan mereka menciptakan desain pembelajaran yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang diterapkan di kelas. 4) Penggunaan bahan ajar berbasis karakter peserta didik oleh guru PAI di SDN 3 Parepare. Dengan menciptakan materi pembelajaran yang sudah ada, peserta didik dapat memaksimalkan pembelajarannya. Revitalisasi proses pembelajaran menuntut guru untuk secara aktif menumbuhkan kreativitas. Hal ini mencakup pengembangan pandangan positif dan proaktif membayangkan kondisi dan skenario yang kondusif bagi pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Kreativitas, Karakter, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:07
Last Modified: 19 Jul 2024 08:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item