Bharun, Amirah (2023) Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di MTs DDI Padanglolo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal, informasi yang diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik masih di bawah rata-rata serta kurang maksimalnya kemampuan bekerja sama diantara peserta didik. Selain itu permasalahan yang terjadi di MTs DDI Padanglolo khususnya kelas VIII, pada saat proses belajar mengajar berlangsung peserta didik kurang aktif, peserta didik kurang memperhatikan guru, ada beberapa peserta didik yang mengantuk sehingga tidak berkonsentrasi dalam pembelajaran berlangsung, bahkan saat guru memberikan arahan untuk mengerjakan tugas yang diberikan secara berkelompok masih ada beberapa peserta didik yang kurang mampu bekerja sama dengan baik seperti mengganggu teman kelompoknya serta tidak ikut serta membantu mengerjakan tugas bersama. Metode yang digunakan untuk mengatasi fenomena tersebut yaitu metode cooperative learning. Pembelajaran cooperative learning merujuk pada metode pengajaran peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil dan komunikasi interaksi sosial sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts DDI Padanglolo dengan jumlah peserta didik 14 orang yang terdiri 11 peserta didik laki-laki dan 3 peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode cooperative learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes presentase pada pra siklus menunjukkan persentase nilai rata-rata 60%. Siklus I menunjukkan nilai rata-rata 73,21%. Adapun persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu 66,19%. Pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 82,85% dan secara klasikal sebanyak 85,71%. selanjutnya persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus II yaitu 77,93%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II sebanyak 19,3%. Adapun peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II sebanyak 11,74%. Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 66,67% sedangkan siklus II persentase sebesar 85,41%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative learning efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di MTs DDI Padanglolo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Learning, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:49
Last Modified: 19 Jul 2024 07:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item