Purwanti, Riska Tri (2024) Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VII.4 pada Pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 10 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran STAD adalah model pembelajaran kooperatif dimana peserta didik dibagi ke dalam 6 kelompok secara heterogen. Di akhir pembelajaran guru akan memberikan sebuah reward atau hadiah penghargaan kepada kelompok paling unggul. Setelah dilakukan observasi dan wawancara ditemukan masalah berupa kurangnya keaktifan belajar peserta didik kelas VII.4 pada pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 10 Parepare Penelitian ini menggunakan metode PTK, dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kualitatif seperti mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII.4 pada pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 10 Parepare, dan mengetahui tingkat keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran STAD di kelas VII.4 pada pelajaran PAI. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat dikemukakan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII.4 pada pelajaran PAI di kelas. Pada pra siklus keaktifan belajar peserta didik masih di bawah kriteria dengan jumlah persentase sebesar 41,8%, kemudian pada siklus I keaktifan belajar peserta didik meningkat dengan persentase sebesar 62,4% saja, karena persentase belum memenuhi standar kriteria keaktifan, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II dan keaktifan belajar peserta didik meningkat dengan persentase sebesar 81,7%, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII.4 pada pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 10 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Keaktifan Belajar Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:26
Last Modified: 19 Jul 2024 07:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6064

Actions (login required)

View Item View Item