Intan, Nur (2023) Penerapan Metode Modeling Tentang Tata Cara Berwudhu Dalam Meningkatkan Pemahamn Peserta Didik Kelas X di MA PP Nurul Haq Benteng Lewo Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Metode Modeling merupakan metode pembelajaran dengan menampilkan seorang model untuk diikuti sehingga memudahkan seseorang untuk memahami apa yang diajarkan serta memperkuat ingatan peserta didik. Metode modeling merupakan metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan materi tata cara berwudhu pada peserta didik. Wudhu merupakan pintu utama untuk seorang muslim mengerjakan ibadah mahdhah seperti ibadah shalat. Wudhu sendiri merupakan salah satu di antara syarat sah-nya ibadah seperti shalat, oleh karena itu, pemilihan metode modeling sangat tepat digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik khususnya mengenai tata cara berwudhu yang benar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode modeling tentang tata cara berwudhu dan faktor yang mendukung dan penghambat penerapan metode modeling tentang tata cara berwudhu pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data yang digunakan merujuk pada model Kurt Lewin, yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas X di MA PP Nurul Haq Benteng Lewo Sidenreng Rappang. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa keberhasilan dari penerapan metode modeling untuk meningkatkan pemahaman tentang tata cara berwudhu, diketahui dari adanya peningkatan pemahaman peserta didik dalam berwudhu, dari sebelum adanya tindakan pada siklus I dan setelah dilaksanakannya tindakan pada siklus I. Sebelum adanya tindakan pada siklus I sebagian peserta didik tergolong rendah dengan presentase 45,5%. Setelah diadakan pembelajaran siklus I dan siklus II pemahaman peserta didik meningkat dan mencapai indikator penilaian yaitu diatas 76%. Untuk itu, peneliti bersama dengan guru mata pelajaran tidak perlu melakukan siklus berikutnya, karena sudah jelas pemahaman peserta didik tentang tata cara berwudhu sudah diperoleh. Adapun besar peningkatan peserta didik dari sebelum adanya tindakan dari siklus I ke siklus II adalah 30,5%. Dengan demikian, melalui penerapan metode modeling tentang tata cara berwudhu pada peserta didik kelas X di MA PP Nurul Haq Benteng Lewo Sidenreng Rappang dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Modeling, Tata Cara Berwudhu, Pemahaman Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:23
Last Modified: 19 Jul 2024 07:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item