Suryanti, Riski Tri (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menghafal Ayat al-Qur'an Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca dan menghafal ayat al- Qur’an adalah cara, solusi atau perencanaan yang dilakukan oleh seorang guru dengan menerapkan sebuah upaya yang tepat dan selanjutnya mengarah kepada yang khusus yaitu metode untuk mengatasi kesulitan membaca dan menghafalkan ayat al-Qur’an peserta didik. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah : Mengetahui faktor yang memengaruhi kesulitan membaca dan menghafal ayat al-Qur’an peserta didik kelas VII, dan mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca dan menghafal ayat al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Parepare. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa faktor yang memengaruhi kesulitan membaca dan menghafal ayat al-Qur’an pada peserta didik kelas VII ada dua yaitu faktor internal disebabkan karena daya ingat serta kurangnya motivasi. Adapun dari faktor eksternal disebabkan karena kondisi keluarga, dan lingkungan sekitar tempat tinggal, kemudian didapatkan hasil penelitian terkait upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an terhadap peserta didik yaitu menjadi guru teladan, memahami karakteristik peserta didik, tadarus al-Qur’an, menerapkan metode tutor sebaya, menerapkan metode iqra’ dan menambah jam belajar membaca al-Qur’an. Kemudian didapatkan hasil penelitian terkait upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan menghafal ayat al-Qur’an yaitu menerapkan metode talqin, tiqrar dan kitabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan membaca dan menghafal, ayat al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:55
Last Modified: 19 Jul 2024 01:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item