Mulia, Ulfa (2023) Manajemen Dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI Parepare dalam meningkatkan Kompetensi Guru : Studi Kasus SMA Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1900.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Bagaimana Manajemen MGMP PAI dalam meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 4 Parepare ditinjau dari planning, organizing, actuating, controlling, evaluating ? 2) Bagaimana Problematika dan Solusi MGMP dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di SMA Negeri 4 Parepare dan bagaimana solusinya ? Proses penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Parepare. Subjek dan sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mununjukkan bahwa pelaksanaan manajemen MGMP PAI dalam meningkat kompetensi guru di SMA Negeri 4 Parepare ditinjau dari teori manajemen mulai dari planning, organizing, actuating, controlling, evaluating sudah terlaksana dengan baik. Meskipun masih ada beberapa kendala yang di hadapi seperti rendahnya partisipasi guru anggota MGMP yang terlibat dalam kegiatan, namun para pengurus dan anggota MGMP PAI terus mencari solusi dengan menjadwalkan ulang pertemuan demi mencapai kesepakatan bersama. Adapun peran manajemen MGMP PAI dalam meningkatkan kompetensi guru PAI memiliki peran yang sangat penting sehingga keterlibatan semua guru PAI SMA sangat di harapkan sesuai dengan tujuan pelaksanaan MGMP dengan target keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MGMP PAI, KOMPETENSI GURU
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:54
Last Modified: 19 Jul 2024 01:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item