Amelia, Reski (2023) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang sekurang-kurangnya mencakup kemampuan pemahaman peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pemebelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagaii potensi yang dimiliknya. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran yang meliputi keterampilan kognitif, afektif dan psikomotorik khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru Fiqih terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Adapun total populasi dalam penelitian ini adalah 162 peserta didik dengan sampel 32 peserta didik pada kelas VII.2 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampilng. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru Fiqih di MTs Negeri Parepare tergolong tinggi dengan angka persentase 86,9%. 2) hasil belajar peserta didik tergolong sangat tinggi dengan angka persentase 95,1%. 3) Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru Fiqih terhadap hasil belajar peserta didik di MTs Negeri Parepare. Hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh 58,767 + 0,492X menunjukkan angka koefisien regresi nilainya adalah 0,492. Selanjutnya nilai r 2 atau nila R square yang didapatkan adalah 0,428 tersebut menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi pedagogik guru (X) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 42,8% sementara 57,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang peneliti tidak masukkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:52
Last Modified: 19 Jul 2024 01:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item View Item