Zulkifli, Randi (2023) Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Fiqih Peserta Didik Di Mts Nurul Ilmi Budong-Budong Kab Mamuju Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Metode Giving Question and Getting Answedr merupakan metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dalam kelas. Penelitian ini bertujuan unuk melatih siswa memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan metode Giving Question and Getting Answer di Kls VII C Mts Nurul Ilmi Budong-Budong.Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kurangnya keaktifan belajar siswa dalam menyangkut proses pembelajaran Fiqih di Mts Nurul Ilmi Budong-Budong khususnya kelas VII C. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa keaktifan belajar siswa menyangkut dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung masih sangat kurang, hal ini menyangkut dengan model yang digunakan guru Fiqih dalam pembelajaran yang cenderung monoton. Berdasarkan hal tersebut peneliti mampu menggunakan metode Giving Question and Getting Answer, metode ini mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai subjeknya siswa kelas VII C Mts Nurul Ilmi Budong-Budong yang terdiri dari 14 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembaran observasi aktivitas siswa. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah rumus presentase. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan, ini menunjukkan bahwa pada pra siklus sebelum dilaksanakan Giving Question and Getting Answer ini keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung masih sangat kurang yaitu 40%, setelah dilaksanakan siklus I meningkat dibandingkan sebelum dilakukan tindakan menjadi 60%. Setelah dilaksanakan siklus II terjadi peningkatan yaitu menjadi 86,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa menggunakan metode Giving Question and Getting Answer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Giving Question and Getting Answer, Keaktifan Belajar Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:51
Last Modified: 19 Jul 2024 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item