Ashabul Kahfi, Muhammad (2022) Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1900.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 yang diterapkan SMAN 7 Pinrang berjalan tidak sesuai dengan harapan pendidikan. Kemampuan pedagogik guru diuji dengan peralihan sistem belajar tatap muka ke sistem daring. Pengawas memiliki tugas dan wewenang dalam peningkatan kinerja guru masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengawas dalam meningkatkan kinerja guru SMAN 7 Pinrang pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kinerja guru dilakukan dengan pengadaan rapat diskusi untuk membahas Silabus dan RPP darurat pandemi, pemantauan implementasi RPP dan evaluasi keefektifan RPP. (2) Peran pengawas terhadap kinerja guru yaitu sebagai mitra guru, inovator, mediator, konselor, dan motivator. (3) Faktor pendukung pengawas dalam meningkatkan kinerja guru yaitu fasilitas yang memadai, letak geografis, dan hubungan harmonis dengan warga sekolah. Adapun faktor pengambat pengawas yaitu kurangnya kedisiplinan guru, kompetensi pedagogik guru belum memadai, dan gangguan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengawas, Pembelajaran Daring, Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:50
Last Modified: 19 Jul 2024 01:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item