Auliya, Hardayanti (2023) Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1900.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi seperti saat sekarang ini sangat membantu guru bukan hanya dalam pengelolaan data tetapi juga membantu dalam proses belajar mengajar, seperti yang diketahui, tidak jauh dari peran buku, akan tetapi seiring dengan perkembangan waktu seseorang dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan media internet atau yang sering disebut dengan E-learning guna meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas pemanfaatan teknologi informasi oleh guru, tingkat kinerja guru di MAN Pinrang, pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadapa kinerja guru di MAN Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif dalam penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MAN Pinrang yang berjumlah 74 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan koesioner untuk mendapatkan skor pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Berdasarkan hasil penelitan yang dilakukan oleh peneliti di MAN Pinrang menujunkkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru. Pengujian hipotesis pertama, diketahui bahwa nilai sig. untuk pengaruh pemanfaatan teknologi informasi (X) terhadap kinerja guru (Y) adalah sebesar 0.021> 0.05 dan nilai t hitung 2.390>2.056, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama diterima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap Y. Kemudian dari hasil output diatas dapat disimpulkan bahwa R square sebesar 0.113 hal ini mengandung arti bahwa variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 0.13%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, teknologi informasi, kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:49
Last Modified: 19 Jul 2024 01:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6047

Actions (login required)

View Item View Item