Junaidi, Nurjini (2024) Kreativitas Guru Fiqih Dalam Penggunaan Media Power Point Di Madrasah Tsnawiyah Kelas VIII Ddi Lil Banat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kreatif berarti menggunakan hasil ciptaan atau kreasi baru yang berbeda dengan sebelumnya. Kreativitas tidak mesti tentang menciptakaan hal-hal yang benar baru tetapi merupakan modifikasi atau perubahan dengan mengembangkan hal-hal yang sudah ada. Power point merupakan media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Kehadiran power point membuat sebuah presntasi berjalan lebih muda dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Dengan program ini, pengguna dapat menampilkan berbagai tulisan, gambar hingga vidio. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas guru fiqih dalam penggunaan media power point. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kreativitas Guru Fiqih Dalam Penggunaan Media power point yaitu dengan menyajikan video pembelajaran yang menarik, dimana didalamnya terdapat penjelasan materi dengan dukungan gambar yang dapat menunjang penyampaian materi serta memasukan animasi-animasi yang membuat video pembelajaran menjadi sangat menarik. Materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik, begitupun respon yang diberikan juga sangat baik sehingga membuat siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu dengan fasilitas yang cukup memadai disekolah seperti LCD proyektor, laptop, yang membuat proses belajar dengan efektif dan efesien. Faktor pendukung nya yaitu membantu memudahkan siswa untuk belajar dan memudahkan guru dalam mengajar, memberikan pengalam lebih nyata, menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar, semua indera dapat diaktifkan, dan lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya ketersedian LCD proyektor, faktor perbedaan siswa dalam memahami materi, dan kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Fiqih, LCD Proyektor, Media Power Point.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:46
Last Modified: 19 Jul 2024 01:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item View Item