Adianingsih, Nurul (2023) Pengaruh Pengajian Kitab Ta’lim Muta’Allim Terhadap Akhlak Peserta Didik di MTs DDI Banua Kec. Sendana Kab. Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kitab Ta’lim al-Muta’alim merupakan literature klasik yang membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak demi tercapainya kemanfaatan ilmu. Kitab ini diakui sebagai karya monumental yang sangat diperhitungkan keberadaannya. Kitab ini juga banyak dijadikan bahan penelitian dan rujukan penulisan karya-karya ilmiah, terutama dalam bidang pendidikan. Kitab ini tidak hanya digunakan oleh ilmuwan muslim saja, akan tetapi juga dipakai para orientasi dan penulis barat. Di Indonesia, kitab Ta’lim al-Muta’alim dikaji dan dipelajari hampir disetiap lembaga pendidikan klasik tradisional seperti Pesantren salaf bahkan di pondok pesantren Modern. Mengkaji kitab ini merupakan kiat-kiat bagi para santri maupun peserta didik agar mengetahui segala sesuatu tentang bagaimana menuntut ilmu yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajian kitab Ta’lim Muta’Allim terhadap akhlak peserta didik di MTs DDI Banua Kec. Sendana Kab. Majene. Jenis Penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif korelasi sering disebut sebagai sebab-akibat.Adapun sampel penelitian sebanyak 56 peserta didik dari 77 peserta didik yang menjadi populasi. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengajian kitab Ta’lim Muta’Allim peserta didik di MTs DDI Banua Kec. Sendana Kab. Majene termasuk kategori sedang yaitu 0,7608 atau 76,08% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. 2) Akhlak peserta didik di MTs DDI Banua Kec. Sendana Kab. Majene termasuk kategori sedang yaitu 0,7928 atau 79,28% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pengajian kitab Ta’lim Muta’Allim terhadap akhlak peserta didik di MTs DDI Banua Kec. Sendana Kab. Majene. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Ŷ = 55,779 + 0,328X, koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,497 dan diketahui nilai R Square sebesar 0,247. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh pengajian kitab Ta’lim Muta’Allim (X) terhadap akhlak peserta didik (Y) sebesar 24,7%, sedangkan 75,3% akhlak peserta didik di MTs DDI Banua Kec. Sendana Kab. Majene dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajian Kitab Ta’lim Muta’Allim, Akhlak Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:42
Last Modified: 19 Jul 2024 01:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item View Item