Kristalara, Sukma (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Map pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Peserta Didik Kelas XI MIA 3 MAN 2 Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Metode Mind Map merupakan metode pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik dengan kegiatan kreatif, dengan menyusun ide pokok dari sebuah konsep menjadi sebuah peta pikiran yang mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Critical Thinking pada mata pelajaran Fikih dengan menggunakan metode Mind Map di kelas XI MIA 3 MAN 2 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi/pengamatan dan tes esai. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pengelolaan pembelajaran dan analisis kemampuan Critical Thinking. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II untuk kedua jenis data, yaitu data pengelolaan pembelajaran dan kemampuan Critical Thinking peserta didik. Pada siklus I kedua komponen tersebut belum mencapai indikator keberhasilan. Setelah siklus II dilaksanakan maka kedua komponen tersebut telah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan temuan penelitian, pada siklus I pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 73,3 (kategori cukup) belum mencapai indikator kinerja. Pada siklus II memperoleh nilai 86,6 (kategori baik) telah mencapai indikator kinerja. Untuk kemampuan Critical Thinking, pada pra siklus diperoleh nilai 57,18 (kategori kurang) pada siklus I diperoleh nilai 74,6 (kategori cukup) belum mencapai indikator kinerja, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 85 (kategori baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Mind Map, Critical Thinking
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:30
Last Modified: 19 Jul 2024 01:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item