Rizal, Muhammad (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Budaya Religius Peserta Didik di UPTD SD Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Guru agama Islam adalah orang yang memberikan pengetahuan, mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi baik rohani dan jasmani dalam menyiapkan masa depannya. Membentuk peserta didik yang berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah Swt. Budaya religius adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh peserta didik atau warga sekolah lainnya yang berdasarkan nilai-nilai keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui budaya religius siswa di UPTD SD Negeri 4 Parepare; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis peran guru dalam peningkatan budaya religius siswa di UPTD SD Negeri 4 Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara terhadap kepala sekolah, Guru PAI, Wali Kelas dan Murid UPTD SD Negeri 4 Parepare sebagai data primer, dan buku-buku, skripsi, jurnal sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Budaya Religius siswa di UPTD SD Negeri 4 Parepare aspek keagamaan dikatakan baik. Sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan dalam pengembangan budaya religius siswa, antara lain dengan pembiasaan sholat dhuha, muhadara, salawatan dan tahfidz Al-Qur'an; 2) Peran guru dalam peningkatan budaya religius siswa di UPTD SD 4 Negeri Parepare meliputi: pendidik, pengajar, pemimpin, pembimbing, motivator, evaluator, dan teladan. Faktor-faktor yang berpengaruh mendukung pengembangan budaya religius dan tanggung jawab siswa di UPTD SD Negeri 4 Parepare: standar isi kurikulum yang digunakan, kepemimpinan kepala sekolah, peran guru, komitmen dan peran seluruh sekolah. masyarakat orang tua dalam program sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budaya Religius Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:29
Last Modified: 19 Jul 2024 01:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item