Aldian, Muhammad (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SDN 77 Mattirobulu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Mind Mapping adalah teknik grafis yang kuat yang menyediakan kunci universal untuk membuka potensi otak. Penggunaan peta pikiran memberi peserta didik kebebasan untuk menjelajahi alam otak yang tak terbatas karena mereka menggunakan keterampilan kortikal kata, gambar, angka, logika, ritme, warna, dan persepsi spasial dengan cara yang unik dan kuat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu uji n-gain untuk mendapatkan hasil seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik kelas vI dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar peserta didik kelas VI sebelum diterapkan strategi pembelajaran mind mapping memperoleh mean sebesar 54.44, median 61.00, range 72, minimum 0, maximum 72, dan nilai sum sebanyak 1741. (2) Hasil belajar peserta didik kelas VI setelah diterapkan strategi pembelajaran mind mapping memperoleh mean sebesar 86.09, median 83.00, range 28, minimum 72, maximum 100, dan nilai sum sebanyak 2755. (3) Setelah melakukan uji n-gain maka hasil yang diperoleh adalah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VI SDN 77 Mattirobulu dengan hasil uji n-gain adalah 0,695 jika dibulatkan menjadi 0,7. Sesuai dengan tabel pembagian skor gain jika nilai gain ≤ 0,7 maka diinterpretasikan bahwa peningkatannya rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Mind Mapping, Hasil Belajar PAI. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:25 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6036 |
Actions (login required)
View Item |