Yuliana, Yuliana (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peendidikan Agama Islam Peserta Didik UPT SMP Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.054 YULIANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Strategi Pembelajaran Inquiri adalah Rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berfikir itu sendiri biasanya melalui Tanya jawab antara pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran inquiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Pinrang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 129 peserta didik dengan sampel sebanyak 56 peserta didik dipilih menggunakan teknik random sampling atau teknik acak. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket, dokumentasi, dan observasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriftif dan statistif inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat penerapan strategi pembelajaran inquiri pada peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Pinrang adalah 86% dari kriterium yang telah ditetapkan, dalam artian kategori penerapan strategi pembelajaran inquiri termasuk dalam kategori tinggi. (2) Hasil belajar PAI peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Pinrang sebesar 90% dari kriterium yang telah ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Pinrang dalam kategori sangat tinggi, dengan kata lain rata-rata nilai PAI berada diatas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (3) Terdapat pengaruh antara penerapan strategi pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar PAI peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Pinrang. Dengan nilai signifikansi 0,147 > 0.05 dan nilai r2 = 0,039 atau 39%, artinya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dipengaruhi sebesar 3,9% oleh strategi pembelajaran inquiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inquiri, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:23
Last Modified: 19 Jul 2024 01:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item