Fahriwalid, Muhammad (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Moderasi Beragama Siswa Di SMA Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Potensi membangun moderasi beragama di SMA Negeri 1 Parepare. (2) Faktor pendukung dalam membangun moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Parepare. (3) Faktor penghambat dalam membangun moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Parepare. (4) Peran guru PAI sebagai pendidik, fasilitator, pengelola, evaluator dalam membangun moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan dan pengolahan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Potensi membangun moderasi beragama di SMA Negeri 1 Parepare sudah ada yang dibuktikan dengan banyaknya siswa memeluk agama selain Islam yang menjadi alasan peluang moderasi beragama. (2) Seorang guru merupakan faktor pendukung dalam membangun moderasi beragama siswa SMA Negeri 1 Parepare dengan cara membackup siswanya dalam menanamkan moderasi beragama. Pribadi siswa merupakan faktor penghambat dalam membangun moderasi beragama siswa di SMA Negeri 1 Parepare, karena kurangnya ketertarikan sebagian siswa dalam pembelajaran agama, selain itu faktor lingkungan di sekitar siswa juga yang masih tidak menghargai perbedaan agama, selanjutnya media sosial juga menjadi faktor penghambat dalam membangun moderasi beragama siswa, karena banyaknya konten-konten yang memberikan pengetahuan tentang agama serta munculnya tafsir agama yang tidak bisa dipertanggungjawabkan secara pengetahuan. (3) Peran guru sebagai pendidik memberikan pemahaman dan contoh kepada siswa bagaimana memahami dan mengasimilasi informasi, mereka tidak hanya harus mengetahui ajaran, tetapi mereka juga harus mampu memahami dan menerapkan ajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Moderasi Beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: magang user
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:43
Last Modified: 19 Jul 2024 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item