Lutfiah, Lutfiah (2022) Pengaruh Minat Beli dan Promosi Diskon Aplikasi Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kecamatan Soreang Kota Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203860102015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perilaku konsumtif memberikan gambaran suatu perilaku kecenderungan untuk mengkonsumsi sesuatu tanpa batas dan lebih mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah perilaku konsumtif yang didasari pada pengaruh minat beli dan promosi diskon yang dianalisis berdasarkan konsep maqasid al-syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh minat beli dan promosi diskon aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Soreang Kota Parepare berdasarkan analisis ekonomi syariah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif dan deskriptif kualitatif, dimana menggabungkkan metode kombinasi (mixed methods) analisis kuantitatif dan kualitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 115 responden. Data kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS Versi 25 windows, kemudian dilanjutkan dengan data kualitatif melalui mewawancarai beberapa responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat beli menunjukkan persentase 70.4% dengan kriteria baik, (2) Promosi diskon Shopee menunjukkan persentase 78.3% dengan kriteria baik, (3) Perilaku konsumtif menunjukkan persentase 77.4% dengan kriteria baik (4) Terdapat hubungan positif dan sgnifikan antara minat beli dengan perilaku konsumtif dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (5) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara promosi diskon Shopee dengan perilaku konsumtif dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (6) Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat beli dengan promosi diskon Shopee dibuktikan dengan nilai signifikasi sebesar 0.062 > 0.05, (7) Minat beli (X1) dan promosi diskon Shopee (X2) memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif dibuktikan nilai t hitung sebesar 4.856 > t table 1.983, (8) Pengaruh minat beli dan promosi diskon Shopee berdasarkan uji koefisien determinasi secara simultan memberikan pengaruh sebesar 41,8% terhadap perilaku konsumtif, selebihnya 58,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian (9) Minat beli dan promosi diskon Shopee terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Soreang Kota Parepare berdasarkan ekonomi syariah telah sejalan dengan maslahah sebagaimana konsumsi dalam Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Beli, Promosi Diskon Shopee, Perilaku Konsumtif
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:27
Last Modified: 18 Jul 2024 06:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6011

Actions (login required)

View Item View Item