Darsia, Darsia (2023) Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Antar Peserta Didik Beda Agama Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 8 Lembang,. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini, yang bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai toleransi antar peserta didik beda agama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Lembang, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan implementasi nilai-nilai toleransi antar peserta didik beda agama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Lembang, untuk mendeskripsikan faktor penghambat implementasi nilai-nilai toleransi antar peserta didik beda agama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Lembang. Jenis penelitian ini, yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dihasilkan dari kata-kata tertulis dan perilaku yang diamati melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang di gunakan ialah uji credibility. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang membuktikan bahwa, Implementasi nilai-nilai toleransi antar peserta didik beda agama dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Lembang. Adanya Penerapan nilai-nilai toleransi pada peserta didik beda agama dalam pembelajaran PAI berlangsung dengan baik. Guru PAI memelihara sikap saling pengertian, memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa memahami bukan hanya menyetujui, saling menghargai tetapi kesadaran bahwa nilai-nilai mereka dan kita adalah berbeda. Dan adanya kerja sama antara guru dan kepala sekolah untuk mengadakan kajian keagamaan untuk membentuk sikap toleransi peserta didik. Serta guru berusaha meminimalisir perkelahian antar peserta didik dalam membawa nama agama masing-masing. Faktor pendukung implementasi nilai-nilai toleransi antar peserta didik beda agama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Lembang ialah, mengadakan kajian keagamaan untuk membangun sikap toleransi peserta didik. Kesabaran dan keikhlasan guru dalam mendidik dan mengajarkan peserta didik tentang nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI. Faktor penghambat implementasi nilai-nilai toleransi antar peserta didik beda agama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Lembang adalah muatan materi ajar tidak banyak yang mengarah tentang pembelajaran nilai toleransi beragama. Selain itu juga peserta didik masih kerap menunjukan sikap intoleransi terhadap sesama meski kami telah berusaha untuk memberikan arahan, gambaran, serta contoh yang baik mengenai sikap toleransi bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-Nilai Toleransi, Peserta Didik Beda Agama, Pembelajaran PAI. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:17 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6008 |
Actions (login required)
View Item |