Ananto, Yayan (2022) Pengaruh Persepsi, Religiusitas, dan Sosialisasi Produk terhadap Minat Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203860102005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Persepsi nasabah Bank Syariah yang banyak belum percaya dengan Bank Syariah di Kota Parepare. Permasalahan utama dalampenelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara persepsi, religiusitas, dan sosialisasi produk terhadap minat menabung pada Bank Syariah di Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara persepsi, religiusitas, dan sosialisasi produk terhadap minat menabung pada Bank Syariah di Kota Parepare. Jenis penelitian ini yaitu Kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah di Kota Parepare. Teknik penentuan sampel dengan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data dalam peneltitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Validitas, Uji Reliabelitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolonearitas, dan Uji Normalitas. Teknik analis data dilakukan dengan menggunakan One Sampel T test untuk ke empat variabel, Uji Kolerasi Pearson Product Moment, Uji t atau parsial, Uji F atau simultan, Analisis regresi linear berganda serta Uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan: berdasarkan uji one sample t test, diperoleh bahwa Persepsi, Religiusitas, Sosialisasi, dan Minat Menabung mempunyai klasifikasi yang sangat baik, dengan masing-masing nilai 85%, 80%, 80%, 80%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi, Religiusitas, dan Sosialisasi secara simultan terhadap Minat Menabung Nasabah, dengan tingkat kekuatan hubungan yaitu 0,985 (sangat kuat). Berdasarkan hasil uji kolerasi bahwa terdapat pengaruh antara persepsi terhadap Minat Menabung Nasabah dengan nilai 0,205 < 8,475. Terdapat juga pengaruh antara Sosialisasi terhadap Minat Menabung Nasabah dengan nilai 0,343 < 8,475. Terdapat pengaruh antara Sosialisasi terhadap Minat Menabung Nasabah dengan nilai 0,309 < 8,475. Terdapat Pengaruh signifikan antara persepsi, Religiusitas, dan Sosialisasi terhadap Minat Menabung Nasabah, dengan nilai p-value < lavel of significant (0,000 < 0,05). Variabel persepsi, religiusitas, dan sosialisasi berpengaruh 97% sedangkan sisanya 3% tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Religiusitas, Sosialisasi, dan Minat Menabung
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:10
Last Modified: 18 Jul 2024 02:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6005

Actions (login required)

View Item View Item