Ananto, Yayan (2022) Pengaruh Persepsi, Religiusitas, dan Sosialisasi Produk terhadap Minat Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203860102005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Persepsi nasabah Bank Syariah yang banyak belum percaya dengan Bank Syariah di Kota Parepare. Permasalahan utama dalampenelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara persepsi, religiusitas, dan sosialisasi produk terhadap minat menabung pada Bank Syariah di Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan hubungan antara persepsi, religiusitas, dan sosialisasi produk terhadap minat menabung pada Bank Syariah di Kota Parepare. Jenis penelitian ini yaitu Kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah di Kota Parepare. Teknik penentuan sampel dengan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data dalam peneltitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji Validitas, Uji Reliabelitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolonearitas, dan Uji Normalitas. Teknik analis data dilakukan dengan menggunakan One Sampel T test untuk ke empat variabel, Uji Kolerasi Pearson Product Moment, Uji t atau parsial, Uji F atau simultan, Analisis regresi linear berganda serta Uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan: berdasarkan uji one sample t test, diperoleh bahwa Persepsi, Religiusitas, Sosialisasi, dan Minat Menabung mempunyai klasifikasi yang sangat baik, dengan masing-masing nilai 85%, 80%, 80%, 80%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi, Religiusitas, dan Sosialisasi secara simultan terhadap Minat Menabung Nasabah, dengan tingkat kekuatan hubungan yaitu 0,985 (sangat kuat). Berdasarkan hasil uji kolerasi bahwa terdapat pengaruh antara persepsi terhadap Minat Menabung Nasabah dengan nilai 0,205 < 8,475. Terdapat juga pengaruh antara Sosialisasi terhadap Minat Menabung Nasabah dengan nilai 0,343 < 8,475. Terdapat pengaruh antara Sosialisasi terhadap Minat Menabung Nasabah dengan nilai 0,309 < 8,475. Terdapat Pengaruh signifikan antara persepsi, Religiusitas, dan Sosialisasi terhadap Minat Menabung Nasabah, dengan nilai p-value < lavel of significant (0,000 < 0,05). Variabel persepsi, religiusitas, dan sosialisasi berpengaruh 97% sedangkan sisanya 3% tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Religiusitas, Sosialisasi, dan Minat Menabung |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:10 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6005 |
Actions (login required)
View Item |