Azizah, Rezky Nur (2023) Personal Branding Frontliner dan Dampaknya Pada Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2300.082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Personal branding Frontliner adalah upaya sadar dan disengaja dari frontliner yang merupakan garda terdepan perusahaan perbankan untuk menciptakan dan mempengaruhi persepsi publik tentang individu dengan memposisikan diri sebagai otoritas dalam industri khususnya perbankan, meningkatkan kredibilitas, dan membedakan diri dari kompetisi, untuk akhirnya memajukan karir, meningkatkan lingkaran pengaruh diri, dan memiliki dampak yang lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran personal branding frontliner di Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare dan untuk mengetahui dampak personal branding frontliner terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan melakukan teknik analisis koding (coding) dan hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa personal branding di Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare telah terlaksana dengan baik ditandai dengan usaha dari frontliner dalam meningkatkan kualitas diri dengan menjadikan nasabah sebagai prioritas utama dalam meningkatkan kualitas pelayanannya dengan memperhatikan tiga aspek yaitu casual, skill communication, dan service level yang disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan dari Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare. Dampak dari personal branding frontliner tersebut memengaruhi kepuasan nasabah dalam bertransaksi, yaitu nasabah menjadi puas karena pelayanan dari frontliner yang di dapatkan dari personal branding frontliner sehingga nasabah menjadi puas dan loyal (setia) menjadi nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Frontliner, Kepuasan Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:02
Last Modified: 18 Jul 2024 03:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5986

Actions (login required)

View Item View Item