Nusriani, Nusriani (2023) MODEL LITERASI AL-QUR’AN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH PERGIS BONDE KEC. CAMPALAGIAN KAB. POLEWALI MANDAR. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
tesis NUSRIANI2120203886108025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembiasaan peserta didik membaca dan menulis al-Qur‟an pada proses pembelajaran terkadang kurang berjalan baik. Peserta didik yang memiliki ragam kemampuan dan keterampilan dalam belajar di kelas mengharuskan guru memiliki banyak metode dan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan model literasi al-Qur‟an; 2) mendeskripsikan penggunaan media audio visual; 3) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran al-Qur‟an melalui model literasi al-Qur‟an berbasis audio visual di Madrasah Ibtidaiyah Pergis Bonde Kec. Campalagian Kab. Polewali Mandar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini berada Madrasah Ibtidaiyah Pergis. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis reduksi, display dan tahap analisis verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Literasi al-Qur‟an di Madrasah ibtidaiyah dilakukan setiap hari pada awal pembelajaran. Aktivitas ini berjalan kurang lebih 30 menit pada setiap mata pelajaran jam pertama. Model lietrasi al-Qur‟an dilakukan dengan menggunakan metode pembiasaan dengan harapan bahwa metode pembiasaan membaca dan menulis al-Qur‟an akan memberikan semangat kepada peserta didik, khususnya kemahiran atau kelancaran dalam membaca dan menulis al-Qur‟an yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 2). Media audio visual dalam pembelajaran diambil dengan menggunakan proyektor (LCD). 3). Literasi al-Qur‟an berbasis audio visual dilaksanakan dengan menampilkan ayat-ayat al-Qur‟an di depan peserta didik. Ayat-ayat tersebut ditampilkan menggunakan proyektor dan dibantu dengan pengeras suara agar peserta didik dapat melihat dan mendengar ayat-ayat tersebut dengan baik. Setelah itu selesai, peserta didik kemudian diberikan kesempatan untuk membaca ayat-ayat berdasarkan perintah gurunya, dan kemudian masing- masing menuliskan apa yang telah dibacanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Al-Qur‟an Berbasis Audio Visual dan Pembelajaran Al- Qur‟an
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: darman achmad
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:01
Last Modified: 18 Jul 2024 03:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5984

Actions (login required)

View Item View Item