Aida, Nor (2023) Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Kulo Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta didik bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran akidah akhlak dan untuk mendeskripsikan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik. Efektivitas pembelajar akidah akhlak adalah tingkat pencapaian tujuan pembelajaran sehingga dapat membawa hasil yang berguna serta memberikan efek yang positif termasuk dalam pembelajaran akidah akhlak. Pencapaian tujuan tersebut adalah meningkatkan pengetahuan dan pengaruh positif pendidikan sekolah, orang tua serta masyarakat dalam peengembangan sikap melalui proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah eksplorasi mendalam dari sistem terikat berdasarkan pengumpulan data dalam hal waktu, tempat, atau batas-batas fisik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Kulo dilihat dari keseharian peserta didik dengan upaya guru akidah akhlak yaitu memberikan motivasi, nasihat, dan dorongan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Kulo, meliputi: (a) faktor pendukung seperti kegiatan keagamaan yang diadakan di sekolah, contohnya setiap peserta didik yang bertemu guru mencium tangan sebgai bentuk rasa hormat peserta didik, melaksanakan shalat Sunnah dhuha, mengadakan acara peringatan Maulid dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw. Dan kegiatan ekstrakulikuler Tahfidz Qur’an, sedangkan (b) faktor penghambat seperti pengelolaan kegiatan keagamaan yang tidak terkontrol dengan baik, peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan, tidak ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah, para guru, dan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Karakter Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:21 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:21 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5977 |
Actions (login required)
View Item |