Bahri, Wildani (2023) Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah Haji Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan pemasaran sudah menjadi kebutuhan utama dan menjadi suatu keharusan untuk dijalankan dalam sebuah lembaga. Banyaknya bank Syariah yang beroperasi membentuk persaingan dalam penjualan produknya, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Disini strategi pemasaran sangat berperan penting dalam proses penjualan produk perbankan yang ditawarkan oleh bank. Maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Haji pada Bank Muamalat Indonesia KCP Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang datanya diperoleh dari observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi.Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu:(1)Konsep produk Tabungan iB Hijrah Haji menggunakan akad wadi’ah yang merupakan titipan murni dan tidak dapat dikurangi dari dana yang disetorkan ke rekening. (2) Strategi pemasaran yang diterapkan pada Bank Muamalat Indonesia KCP Parepare menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari 4 P, yaitu product (produk), price (harga), promotion(promosi), dan place (tempat atau saluran distribusi. (3) Faktor yang mempengaruhi pemasaran, yaitu faktor pendorong; mayoritas masyarakat kota parepare dominan Islam dan ini menjadi peluang bagi Bank Muamalat itu sendiri dalam menawarkan produknya, sehingga masyarakat lebih memilih menabung di Bank Muamalat yang menjalankan sistem operasionalnya sesuai dengan prinsip syariat Islam. Faktor penghambat; Banyaknya bank-bank syariah yang menawarkan produk yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Tabungan iB Hijrah Haji, Bank Muamalat Indonesia.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:52
Last Modified: 18 Jul 2024 02:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item