Nitami, Dian (2024) Analisis Nilai-nilai Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Maraknya karakter siswa yang menurun diakibatkan oleh lemahnya pendidikan karakter bangsa di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Seorang guru harus mampu menanamkan nilai karakter terhadap siswa karna pentingya penanaman nialai karakter yang baik untuk perkembangan siswa, maka dari itu salah satu mata pelajaran yang dianggap memberikan kontribusi terhadap penanaman nilai-nilai karakter melalui standar kompetensi, kompetensi inti, indikator pelajaran, serta tujuan pembelajaran adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi. 2) gambaran nilai-nilai karakter bangsa Indonesia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi. 3) klasifikasi nilai-nilai karakter bangsa Indonesia Kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi yaitu input, proses dan outcome. Input terdiri dari raw input (input masukan) dan input instrumental (input alat). Proses terdiri dari strategi dan metode, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan, dan lingkungan. Outcome terdiri dari karakter bangsa yang ada pada peserta didik yaitu religius, mandiri, demokratis, cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab. 2) gambaran nilai-nilai karakter bangsa Indonesia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi yaitu religius, mandiri, demokratis, cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab dan gemar membaca. 3) klasifikasi karakter bangsa Indonesia pada pembelajaran pendidikan agama Islam Kelas XI SMA Muhammadiyah Kalosi yaitu karakter Anti-Religius, Tidak Mandiri, Otoriter, Apathetic terhadap Tanah Air, Ketidakpedulian lingkungan, Tidak Bertanggung Jawab, Anti-Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Karakter Bangsa, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:09
Last Modified: 17 Jul 2024 02:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item