Nasrun, Nabila (2023) Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus pada UPT SMKN 1 Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemanfaatan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran agama islam di kelas x upt smkn 1 pinrang, (2) faktor penghambat dan faktor penghubung dalam pemanfaatn aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X UPT SMKN 1 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ii diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pendidik PAI yang mengajar di kelas X dan peserta didik di kelas X UPT SMKN 1 Pirang. Setelah data di peroleh secara penih kemudian data di analisi dengan menggunakan teknik model Miles dan Huberman dalam penilitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Pemanfaatan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di kelas x upt smkn 1 pinrang yaitu digunakan sebagai media pembelajaran, (a) perencanaan pembelajaran pendidik menyiapakan modul ajar, materi ajar, laptop atau hp, kouta internet, aplikasi google classroom, (b) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran melalui tiga kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (c) evaluasi pembelajaran di dapatkan dari hasil belajar peserta didik, peniliaan ini meliputi tiga aspek yaitu, aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan. 2) Faktor penghambat dalam pemanfaatan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran pendidkan agama islam di kelas X UPT SMKN 1 Pinrang dapat dilihat dari tigsa faktor yaitu, pertama jaringan internet, kedua biaya, dan ketiga penguaasan pada aplikasi google classroom. sedangkan faktor pendukung dalam pemanfaatan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran pendidkan agama islam di kelas X UPT SMKN 1 Pinrang yaitu: pertama sarana dan prasarana, kedua kesiapan pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:03
Last Modified: 17 Jul 2024 02:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item