Aridah, Siti (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kompetensi yang paling diperlukan oleh seorang guru agar dapat mengatasi permasalahan dalam proses penbelajaran agar mendapatkan hasil belajar yang baik yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. dengan jumlah sampel 54 orang peserta didik. Data yang diperlukan diperoleh melalui hasil angket dan data dokumentasi nilai rapor mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Kompetensi pedagogik guru termasuk dalam kategori tinggi dengan mean sebesat 3,34 dan standar deviasi sebesar 0,81 artinya kemampuan pedagogik guru pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Parepare sudah baik; (2) Hasil belajar PAI peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dengan mean sebesar 80,83 dan standar deviasi sebesar 3,35 atrinya hasil belajar peserta didik termasuk baik. hasil analisis pada tabel coffecient (α) diperoleh sig. = 0,00. Karena nilai 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima pada tingkat signifikansi α =5%; (3) Hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Parepare positif dengan persamaan Y= 45,020 + 0,430X.Hal ini berarti terdapat pengaruh kompetrnsi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Parepare. Sedangkan pada tabel summary diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,543, yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 54,3%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain dan dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang sedang terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, hasil belajar, guru,peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:55
Last Modified: 17 Jul 2024 01:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item