Medis, Lilis Marshanda (2023) Eksistensi BTN Syariah KCP Parepare Dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2300.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pemasaran Syariah merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai dari suatu inisiator kepada stakeholders, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Penelitian ini dilakukan pada BTN Syariah KCP Parepare dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh BTN Syariah KCP Parepare menerapkan sifat shiddiq, amanah, tabliq dan fathanah dalam sistem bauran pemasaran kepada masyarakat luas serta mempertahankan sifat pemasaran Islami di setiap kegiatan pemasaran untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research)dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (verifikation). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi bauran pemasaran di BTN Syariah KCP Parepare dalam mempertahankan eksistensinya yaitu pada produk menggunakan strategi bundling product, strategi harga yaitu adil dan transparan, tempatnya strategis dan berada ditengah kota, dan promosi menggunakan strategi pendekatan langsung, pemanfaatan media sosial dan pelayanan yang baik. 2) Strategi pemasaran di BTN Syariah KCP Parepare sudah menerapkan pemasaran Islami sesuai sifat yang diterapkan Nabi Muhammad SAW yaitu menerapkan dan mengedepankan sifat jujur (shiddiq) kepada nasabah agar dapat meningkatkan rasa percaya nasabah, memberikan pemahaman tentang jenis-jenis produk sesuai sifat amanah (Terpercaya), karyawan diberi training cara berkomunikasi dengan baik dan sopan kepada nasabah sebelum bekerja sesuai sifat tabliq (Komunikatif), dan sifat fathanah (Kecerdasan) mengadakan berbagai program pelatihan bagi karyawan baik dari segi pelayanan, pemasaran maupun bidang masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Pemasaran Syariah, BTN Syariah KCP Parepare
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:08
Last Modified: 18 Jul 2024 01:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item